RAGAM

Arti Di Balik Semboyan Negara

Arti Di Balik Semboyan Negara

Mata Portal – Berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia mempunyai semboyan negara yang menjadi motto bangsa. Tentunya, semboyan tersebut memiliki sejarah dan makna yang sangat berarti. Berikut ini beberapa semboyan negara yang dapat menambah pengetahuanmu! Ayo disimak!

  • Bhineka Tunggal Ika

Arti Di Balik Semboyan Negara

Bhineka Tunggal Ika merupakan semboyan negara Indonesia. Tanah Air Indonesia adalah semboyan yang paling pas untuk menggambarkan keberagaman suku, daerah, adat serta agam dalam satu kesatuan nusatara Indonesia. Semboyan Bhineka Tunggal Ika yang sudah ada sejak zaman Majapahit ini kini bertengger di lambang negara kita, burung Garuda.

  • In God We Trust

Arti Di Balik Semboyan Negara

Semboyan negara Amerika Serikat ini diresmikan pada tahun 1956, berasal dari kata-kata dalam lagu nasionalnya yaitu The Star Spangled Banner. Kata-katanya yang sudah tercetak pada koin sejak tahun 1864. Melambangkan kepercayaan masyarakat Amerika yang besar terhadap Tuhan. Sekaligus, sebagai perlawan terhadap komunisme.

  • Liberte Egalite Fraternite

Arti Di Balik Semboyan Negara

Semboyan ini merupakan semboyan negara Perancis. Dulunya, Kerajaan Perancis sempat terkenal sangat otoriter dan membeda-bedakan kelas sosial. Kalangan bawah merasa yang tertindas oleh kaun bangsawan pun mulai melawan. Jargon Liberte, Egalite, Fraternite, (Kebebasab, Perasamaan, Persaudaraan) pun bergulir seiring dengan Revolusi Perancis tahun 1789. Pada akhirnya, disahkan sebagai semboyan negara Perancis pada akhir abad 19.

  • Freedom or Death

Arti Di Balik Semboyan Negara

Eleutheria i thanatos atau Freedom or Death adalah semboyan kebangsaan Yunani. Semboyan ini muncul pada tahun 1820, dimana pada saat itu Yunani sedang berjuang memperoleh kemerdekaannya kembali. Hingga kini, semangat Merdeka atau Mati ini masih diusung oleh Yunani. Terutama pada saat menghadapi segala bentuk tirani dan tekanan.