RAGAM

Empat Gelar Kebangsawanan Wanita di Dunia

Empat Gelar Kebangsawanan Wanita di Dunia

Mata Portal – Memiliki sebuah gelar dalam kerajaan tentunya menjadi sebuah kehormatan bagi seseorang. Meskipun sebuah gelar lebih sering digunakan untuk laki-laki. Tetapi, ada juga loh gelar yang diberikan kepada wanita dalam suatu kerajaan. Berikut ini 4 gelar kebangsawanan yang ada di dunia.

  • Indonesia

Di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam gelar kebangsawanan. Setiap daerahnya memiliki gelar masing-masing. Contohnya, gelar Cut yang merupakan gelar kepakaran dari kerajaan daerah Aceh. Ada juga gelar Nyayu dan Masayu yang merupakan gelar bangsawan wanita dari daerah Sumatera Selatan.

Jika gelar Roro dan Raden Ayu berasal dari Pulau Jawa. Raden Ayu sendiri merupakan sebutan untuk gelar kebangsawanan wanita yang merupakan cucu dari Kraton Yogyakarta yang sudah menikah. Sedangkan, untuk yang belum menikah sering disebut dengan Raden Ajeng. Contohnya, Raden Ajeng Kartini.

  • Inggris

Di Inggris terdapat lima tingkat gelar kebangsawanan. Tingkat paling bawah dikenal dengan Baroness yang artinya orang bebas. Biasanya wanita yang menyandang gelar ini disebut dengan Lady. Tingkat kedua ada Viscountess dan di tingkat ke tiga ada Countess yang merupakan gelar pemimpin dan wakil pemimpin suatu wilayah.

Sebutan bagi wanita yang memiliki gelar ini juga sama dengan Baroness yaitu Lady. Tingkat keempat ada gelar Marchioness. Sedangkan, tingkat paling atas ada Duchess yang merupakan gelar seorang adipati yang berada satu gelar di bawah Queen. Contohnya, Duchess Camila dengan gelar lengkap Her Royal Highness The Duchess of Cornwall.

Selain Duchess dan Queen, ada pula Putri dari Queen atau Princess yang memiliki gelar kebangsawanan tertinggi.

Gelar Kebangsawanan Wanita di Dunia

  • Korea Selatan

Mama di Korea Selatan memiliki arti sebagai Ratu atau Permaisuri pada Dinasti Joseon. Panggilan Mama juga dapat diartikan sebagai gelar Raja pendahulu. Oleh karena itu, kata Mama sendiri menjadi sebuah sebutan yang sangat dihormati. Sedangkan untuk putri kerajaan, biasanya disebut dengan Agassi Mama.

  • Cina

Jika di Cina, seorang ratu disebut dengan Huanghou atau Permaisuri yang merupakan istri utama dari Kaisar. Ada juga Huang Guifei atau Imperial Noble Consort yang adalah selir resmi kekaisaran.

Huang Guifei ini biasanya memiliki posisi dibawah Permaisuri. Sedangkan untuk selir lainnya sering disebut dengan Guifei atau Fei. Ada juga Guiren atau Noble Ladies yang diberi gelar kehormatan oleh Kaisar.

Itu dia gelar kebangsawanan wanita dari berbagai kerajaan yang ada di dunia.