Empat Negara Yang Pernah Pindah Ibu Kota
BLOG

Empat Negara Yang Pernah Pindah Ibu Kota

Empat Negara Yang Pernah Pindah Ibu Kota

Mata Portal – Perbincangan seputar rencana pindahnya ibu kota Indonesia memang sedang menarik perhatian banyak kalangan. Meskipun belum diputuskan, tetapi Indonesia berencana memilih Kalimantan sebagai Ibu Kota yang baru. Tidak hanya Indonesia, ternyata beberapa negara ini juga pernah memindahkan ibu kotanya loh!

  • Rusia

Rusia

Moskow telah menjadi ibu kota Rusia sejak abad ke-15. Namun karena ada kebijakan pemerintah, ibu kota Rusia pun dipindahkan ke St.Peterburg pada 1712. Kota St.Peterburg sendiri memiliki akses yang lebih dekat dan mudah ke Eropa sehingga inilah yang menjadi pertimbangan pindahnya ibu kota Rusia. Tetapi. pada 1918 ibu kota negara yang indentik dengan boneka Matryoska ini kembali dipindahkan ke Moskow.

  • Jepang

Jepang

Sebelum menempatkan ibu kota di Tokyo, Jepang memilih Kyoto sebagai Ibu Kota. Populasi penduduk yang terlalu padat menjadi alasan kuat Jepang untuk memindahkan ibu kota mereka ke Tokyo. Sebelum dibangun menjadi ibu kota, Tokyo disebut sebagai Edo dan hanya berupa desa terpencil. Kini, Tokyo termasuk sebagai salah satu kota paling berpengaruh di dunia.

  • Malaysia

Malaysia

Tidak jauh beda dengan permasalahan di negara Asia Tenggara lainnya, Malaysia juga mengalami kepadatan penduduk dan kemacetan yang luar biasa. Pada tahun 1999, Malaysia pun memutuskan untuk memindahkan administrasi negara ke Putrajaya. Sementara pusat ekonomi masih di Kuala Lumpur. Imbas dari pemindahan ini pun membuat Kuala Lumpur menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali.

  • India

India

Pada tahun 1911, India memindahkan ibu kotanya dari Delhi ke New Delhi. Meski memiliki nama yang mirip, keduanya merupakan daerah yang berbeda. Namun, New Delhi masih berada di dalam daerah Delhi. Keduanya sama-sama berada di tepian sungai Yamuna sehingga proses perpindahannya tidak begitu sulit.