BLOG

Empat Pantai yang Menyala di Malam Hari

Empat Pantai yang Menyala di Malam Hari

Mata Portal – Kalian pernah mendengar tentang bioluminesensi? Fenomena inilah yang membuat pantai menyala di malam hari. Bioluminesensi merupakan fenomena biologis dimana tubuh makhluk hidup tertentu dapat mengeluarkan cahaya. Hal ini bisa terjadi karena proses kimia. Jamur, Flagellate, Kunang-kunang, Plankton tertentu memiliki kandungan unik yang dapat membuat tubuh mereka bersinar. Fenomena ini bisa kamu temui di pantai-pantai loh.

  • Gili Trawangan, Indonesia

Gili Trawangan

Kalau biasanya pantai di Gili Trawangan terkenal dengan wisata lautnya untuk snorkeling, ternyata ada keindahan yang tersimpan loh pada saat malam hari. Fenomena Bioluminesensi ini juga terjadi di Gili Trawangan yang menghasilkan cahaya biru kehijauan. Jika biasanya fenomena ini berada di bibir pantai, cahaya Bioluminesensi yang paling terang di Gili Trawangan berada di tengah.

Hal ini disebabkan karena plankton yang berpendar berada lebih banyak di bagian dalam. Sayanganya, fenomena ini belum banyak di ekspos. Jadi, jika kalian main ke Gili Trawangan jangan lupa untuk menikmati fenomena ini juga ya.

  • Teluk Mission, Amerika Serikat

Teluk Mission

Teluk yang berada di kawasan San Diego, California, Amerika Serikat ini juga mempunyai fenomena bioluminesensi. Jika disini, cahaya yang dihasilkannya melalui ganggang laut. Tetapi, kita mesti hati-hati jika berkunjung ke teluk ini. Meskipun, ganggang ini tidak berbahaya, namun mengandung amonia yang tinggi. Sehingga dapat menyebabkan infeksi telinga, sinus dan ruam-ruam di kulit.

  • Pulau Tasmania, Australia

Pulau Tasmania

Pantai yang ada di pulau Tasmania, Australia ini juga bercahaya kebiruan di malam hari. Fenomena bioluminesensi di pantai ini berasal dari kumpulan milyaran makhluk hidup yang bernama noctiluca scintillans. Karena fenomena-fenomena ini biasanya memiliki watu tertentu. Jika kamu ingin berwisata ke pantai-pantai di atas, pastikan kamu mengetahui waktunya ya!

  • Pulau Vaadhoo, Maldives

Pulau Vaadhoo

Pulau Vaadhoo ini salah satu pulau di Maldives yang juga memiliki fenomena Bioluminesensi. Deburan ombak disini mempunyai cahaya biru terang. Hampir semua pantai-pantai di pulau menyala pada malam hari, sehingga bisa dijadikan salah satu tujuan wisata kamu.

Berbeda dengan Gili Trawangan yang menyala di tengah. Di Vaadhoo, makhluk hidup fitoplankton bernama dinoflagellata berkonsentrasi di tepi pantai. Sehingga menghasilkan pemandangan yang indah. Cahaya biru ini biasanya terjadi pada akhir musim semi atau musim panas. Jadi pastikan kamu datang di waktu yang tepat jika ingin melihat fenomena ini ya.