BLOG

Empat Rahasia Unik Yang Berada Dasar Laut

Empat Rahasia Unik Yang Berada Dasar Laut

Mata Portal – Alam kita memang mempunyai banyak rahasia. Apalagi dengan empat hal unik yang berada di dasar lautan ini. Penasaran?

  • Cancun Underwater Museum, Meksiko

Cancun Underwater Museum

Di bawah laut ada museum? Musem bawah laut Cancun terletak di perairan Cancun, Isla Mujeres dan Punta Nizuc, Meksiko. Kita akan melihat sekitar 400 patung hasil karya pematung asal Inggris, Jason de Caires Taylor. Museum ini sengaja dibangun sebagai dukungan terhadap upaya pelestarian National Marine Park, Yucatan Peninsula, Meksiko. Museum ini juga dikenal sebagai Underwater Museum of Water.

  • Cenote Angelita, Meksiko

Cenote Angelita

Terletak di Semenanjung Yucatan, Meksiko ada sungai yang berada tepat di bawah laut. Cenote adalah lubang-lubang yang terbentuk secara alami akibat runtuhnya batuan kapur. Lapisan tipis yang mengandung hidrogen sulfat memisahkan air asin dan air tawar diatasnya. Hal ini membuat bagian bawah laut ini terlihat seperti sungai. Para penyelam bahkan bisa melihat pemandangan pohon-pohon tumbang dan sampah daun di kedua sisi sungai tadi.

  • Neptunus Memorial Reef, Amerika Serikat

Neptunus Memorial Reef

Selain museum di dasar laut, ternyata ada pemakaman umum yang terletak di dasar laut Florida, Amerika. Neptunus Memorial Reef merupakan kuburan sekaligus karang buatan terbesar di dunia. Luasnya lebih dari 65.000 meter persegi dengan kedalaman sekitar 40 meter. Jika ingin memakamkan seseorang disini, abu kremasi harus dicetak terlebih dahulu. Lalu, seorang penyelam akan menempatkannya di dasar laut dan meletakkan plakat tembaga atau perunggu di atas makan.

  • Stonehenge Bawah Laut, Amerika Serikat

Stonehenge Bawah Laut

Di dasar laut Amerika Serikat, ditemukan Stonehenge atau batu yang tersusun dan berbentuk melingkar. Stonehenge ini berasal dari zaman Perunggu atau Nelolitikum. Sebuah batu yang terletak di bagian luar lingkaran menampilkan lukisan hewan mirip mastodon. Mastodon merupakan hewan kuno dengan bentuk fisiknya mirip gajah dan sudah punah sekitar 10.000 tahun yang lalu.