LIFESTYLE

Hindari Berbuka Dengan Yang Manis

Hindari Berbuka Dengan Yang Manis

Mata Portal – Untuk kita yang berpuasa selama Ramadhan, selama ini kita sering disarankan untuk berbuka puasa dengan mengkonsumsi sesuatu yang manis. Ternyata, yang dimaksud adalah makanan manis itu, perlu diperhatikan lebih detail lagi ya.

Pada masanya Rasullullah SAW dulu, beliau selalu berbuka dengan buah kurma yang rasanya memang manis. Kebiasaan itu lantas di zaman sekarang diartikan dengan memakan sesuatu yang manis untuk berbuka. Biatnya ingin mencontoh sikap dari Rasulullah. Padahal, hal tersebut tidak baik untuk kesehatan kita loh. Kenapa bisa begitu ya?

Ketika berpuasa, kadar gula darah kita menurun. Kurma, seperti yang dikonsumsi Nabi Muhammad SAW, adalah karbohidrat kompleks bukan gula (karbohidrat sederhana). Karbohidrat kompleks, untuk menjadi glikogen, perlu diproses sehingga memakan waktu. Karbohidrat kompleks seperti yang dimiliki kurma asli, naiknya pelan-pelan.

Ternyata, kurma asli rasanya tidak terlalu manis. Sebaliknya, jika makan makanan yang manis-manis seperti cokelat atau air sirup. Kadar gula darah akan melonjak naik langsung. Sangat tidak sehat. Buruknya lagi, kenaikan gula yang mendadak akan membaut tubuh kita menjadi menimbun lemak. Jika sudah begini, bukannya menjadi lebih sehat pada saat sedang berpuasa. Hal ini akan menjadikan tubuh kita menjadi gemuk.

Sebaiknya, mari berbuka puasa saja dengan menggunakan air putih, tiga butir kurma dan diteruskan dengan sholat magrib. Begitu perut istirahat sebentar, baru deh kita makan nasi dengan syaur dan lauk pauk yang bergizi. Perut kita tidak kaget menerima asupan makanan setelah seharian kosong, tubuh menjadi lebih sehat.