FASHION

Inilah Tiga Berlian Paling Terkenal di Dunia

Inilah Tiga Berlian Paling Terkenal di Dunia

Mata Portal – Berlian merupakan batu permata yang menjadi sebuah simbol kesetiaan. Maka dari itu, berlian menjadi batu permata yang menghiasi cincin pernikahan. Ini dia tiga berlian yang terkenal karena memiliki nilai sejarah dan harga yang tinggi.

  • Koh-i-Noor

Inilah Tiga Berlian Paling Terkenal di Dunia

Koh-i-Noor merupakan gunung cahaya. Berlian sebesar 105 karat ini sempat menjadi berlian terbesar di dunia pada masa kerajaan Mughal. Berlian tanpa warna ini menjadi rebutan berdarah antara Kerajaan Mughal, Persia, Afghanistan, Sikh dan Inggris. Akhirnya, berlian ini menjadi harta Kerajaan Inggris. Koh-i-Noor pernah menghiasi mahkota Ratu Inggris, yaitu Ratu Victoria, Ratu Alexandra, Ratu Mary dan Ratu Elizabeth.

  • The Pink Star

Inilah Tiga Berlian Paling Terkenal di Dunia

The Pink Star merupakan berlian termahal di dunia yang pernah laku di pelelangan. Harganya mencapai 1,1 triliun rupiah. Menurut Gemological Institute of America, The Pink Star merupakan berlian berwarna vivid pink terbesar. Berlian sebesar 59.60 karat ini berhasil terjual dengan harga 1,1 triliun rupiah dalam pelelangan pada tahun 2013. Namun sang pembeli, Isaac Wolf tidak sanggup melunasi pembayaran berlian tersebut. Kabar terbaru mengatakan bahwa ada tiga investor yang bekerja sama untuk membeli berlian paling mahal di dunia ini.

  • The Wittelsbach-Graff

Inilah Tiga Berlian Paling Terkenal di Dunia

Berdasarkan sejarah, Raja Spanyol, Philip IV memberikan berlian ini kepada putrinya sekitar tahun 1664. Pada tahun 1722, berlian ini berpindah tangan ke bangsawan Munich bernama Maria Amalia yang menikah dengan Charles of Bavaria, anggota keluarga Wittelsbach. Pada 1806, Maximilian IV Joseph von Wittlesbach diangkat sebagai Raja Bavaria pertama. Berlian sebesar 35.56 karat ini digunakan sebagai penghias puncah mahkota sang raja. Pada 2008, untuk meningkatkan harga jualnya, Laurance Graff melakukan remake terhadap berlian bersejarah ini dan mendapatkan kecaman dari pada ahli sejarah. Kini, The Wittlesbach-Graff dimiliki oleh seorang pangeran Qatar, Hamad bin Khalifa dengan harga mencapai 1 trilliun rupiah.