BLOG,  LIFESTYLE,  RAGAM

Kenali Perbedaan Antara Stress dengan Depresi

Kenali Perbedaan Antara Stress dengan Depresi

Mata Portal – Pernah mengalami jenuh dengan apapun di dalam hidupmu? Bisa saja kamu mengalami stres ataupun depresi. Namun, banyak orang yang salah mengira dan tidak tahu perbedaan antara stres dan depresi. Agar kamu tahu cara menanganinya, kenali dulu yuk.

  • Stres

Stres adalah keadaan dimana kamu merasa jenuh dan kewalahan dengan segala masalah serta aktivitasmu yang sudah berlangsung cukup lama. Akibatnya adanya stress ini, kamu bisa menjadi lebih semangat untuk menuntaskan segalanya atau sebaliknya. Kamu malah menyerah dan patah semangat. Reaksi yang berbeda dari stres ini tergantung bagaimana kamu menyikapinya.

Ada yang unik dari tubuhmu pada saat kamu mengalami stress. Dia akan bekerja secara berlawanan pada organ tertentu. Tubuh yang mengalami stres akan memproduksi hormon-hormon yang berhubungan dengan energi dan tingkat konsentrasimu. Namun, organ yang dirasa sedang tidak sangat diperlukan akan dimatikan. Makanya, pada saat kamu stress kamu akan jarang merasa lapar.

Gejala Stress

Orang yang sedang dilanda stres akan mengalami kesulitan tidur, berubahnya pola makan, berkurangnya daya ingat dan konsentrasi, serta menjadi lebih sensitif. Selain itu, kamu akan merasakan gugup dan khawatir yang berlebihan, takut kalau masalahmu tidak akan selesai.

Namun, jangan khawatir rasa stressmu akan menghilang seiringan masalahmu yang mulai selesai. Kamu juga bisa melakukan aktivitas favoritmu dan lakukan olahraga ringan untuk mencegah stress datang lagi.

  • Depresi

Depresi merupakan suatu penyakit mental yang dapat menyerang suasana hati, perasaan dan pola makan. Perlu kamu catat, bahwa seseorang yang terkena depresi itu bukan suatu tanda dia tidak bahagia. Depresi juga bukan suatu hal yang wajar untuk ditemui, karena dampak dari depresi sangatlah besar. Orang yang mengalami depresi akan mengalami kekhawatiran hingga hilangnya semangat dan motivasi secara terus-menerus dan berlangsung lama berkisar bulanan hingga tahunan. Sehingga orang yang sedang dalam keadaan depresi harus segera ditangani.

➽ Gejala Depresi

Pada umumnya, gejala depresi terlihat tidak berbeda jauh dengan orang yang hanya mengalami stres. Seperti selalu berpikir negatif, merasa gagal dan menyalahkan diri sendiri, serta mengalami gangguan makan, tidur dan juga konsentrasi. Namun, depresi juga memiliki gejala yang sangat fatal, seperti selalu menarik diri dari lingkungan dan memiliki pemikiran untuk mengakhiri hidupnya.

Depresi memiliki dampak yang lebih serius, oleh karena itu depresi harus ditangai dengan tepat. Jika kamu atau orang sekitarmu mengalami gejala-gejala depresi, jangan sungkan untuk mengatakannya kepada orang lain atau mendatangi psikolog untuk berkonsultasi.