LIFESTYLE

Mengenal Penyebab Penyakit dan Gejalanya Pilek atau Flu

Mengenal Penyebab Penyakit dan Gejalanya Pilek atau Flu

Mata Portal – Pada saat musim pancaroba seperti sekarang ini, penyakit yang rutin muncul adalah batuk dan pilek. Seringkali ketika sedang batuk-pilek, kita bilang jika lagi sakit flu. Padahal flu dan pilek itu adalah dua jenis penyakit yang berbeda. Berikut perbedaannya:

  • Batuk-Pilek

Penyebab
Penyebab sakit batuk-pilek atau common cold adalah virus tidak berbahaya yang menyerang pernafasan. Jenis virus batuk pilek pun bervariasi dan jumlahnya ada sekitar 200 virus! Pantesan kita rawan terkena penyakit ini. Virusnya aja ada ratusan.

Gejalanya
Serangan pada saluran pernapasan seperti batuk, hidung berlendir dan tersumbat, bersin-bersin, sakit tenggorokan, mata berair. Kadang juga disertai demam dan pegal ringan.

Obatnya
Batuk-Pilek karena tidak terlalu membahayakan, jadi bisa menggunakan obat pereda gejala batuk pilek baisa saja. Bahkan terkadang kita cuma perlu cukup istirahat, makan makanan bergizi dan minum vitamin.

  • Flu

Penyebab
Penyebabnya cuma 1 virus, yaitu virus influenza, tetapi terdiri dari tipe A,B dan C. Yang lumayan terkenal adalah tipe A, karena dia bisa menyerang manusia dan hewan. Misalnya flu burung (N5H1) dan flu babi (N1H1).

Gejalanya
Gejalanya lebih serius karena selain gejala batuk-pilek, juga disertai demam tinggi, menggigil, nyeri otot hebat, sakit kepala dan badan yang lemas. Kalau tubuh kita cukup kuat, gejala ini akan hilang dalam waktu 4-5 hari, tetapi jika kita lemah. Penyakit ini bisa terkena komplikasi seperti bronkitis, dan radang paru-paru (pneumonia).

Obatnya
Harus dirawat secara serius. Mulai dari diinkubasi supaya virusnya tidak menyebar, lalu diberikan vaksinasi khusus untuk meredakan gejalanya. Kalaupun gejalanya sudah hilang, penderitanya harus diberikan obat anti-virus supaya tidak terserang lagi.