BLOG

Pengenalan Rumput Laut yang Multifungsi

Pengenalan Rumput Laut yang Multifungsi

Mata Portal – Kita kenal sama rumput yang tumbuh di laut ini sebagai bahan dasar pembuat agar-agar. Tetapi ternyata rumput laut mempunyai kegunaan yang lebih daripada itu. Kabarnya ada ratusan jenis produk yang memakai rumput laut sebagai bahan bakunya. Bahkan rumput laut ini sudah berguna bagi manusia sejak masa sebelum masehi.

Penasaran kan bagaimana khasiat fungsi dan kegunaan Rumput Laut untuk kehidupan sehari-hari kita. Yuk disimak!

  • Obat Mujarab

Bangsa yang pertama kali memanfaatkan rumput laut sebagai tanaman obat adalah bangsa Cina. Sejak tahun 2.700 sebelum masehi, bangsa CIna mengetahui kalau rumput laut kaya mineral seperti iodium dan seng. Makanya tanaman ini bis menjadi anti bakteri dan menetralisir tekanan darah serta memperlancar peredaran darah. Pada masa Perang Dunia yang ke II, banyak dokter tentara yang menggunakan rumput laut sebagai obat untuk menghentikan pendarahan.

  • Makanan Nikmat

Kita semua tahu jika rumput laut bisa menjadi agar-agar yang sangat enak. Selain menjadi agar-agar, rumput laut juga bisa dikeringkan dan menjadi snack yang nikmat. Di Eropa, rumput kering ini disebut dulce dan dikonsumsi seperti keripik. Sedangkan di Jepang, rumput laut dikeringkan dan dikenal dengan nama Nori. Nori ini sering digunakan sebagai penyedap rasa, pembungkus makanan, snack atau hiasan.

  • Membuat Cantik

Sekarang ini banyak produk kecantikan yang menggunakan rumput laut sebagai bahan dasarnya. Soalnya tanaman ini terbukti dapat mengurangi jerawat dan flek-flek hitam di wajah. Sekaligus membuat wajah menjadi lebih halus dan awet muda.

  • Tanaman Cinta Bumi

Seperti tanaman hijau lainnya di daratan, ternyata rumput laut mengurangi kadar CO² di udara selama proses fotosintesis sehingga membantu mencegah global warming. Selain itu rumput laut juga sumber makanan bagi hewan laut dan tempat persembunyian mereka dari pemangsa.