LIFESTYLE

Sudah Perlukah Saya Memakai Kacamata?

Sudah Perlukah Saya Memakai Kacamata?

Mata Portal – Walaupun kelihatannya sepele dan bisa dengan mudah diatasi dengan kacamata. Kita tidak boleh meremehkan kesehatan mata loh. Karena jika sampai terlambat, bisa saja kita kehilangan penglihatan. Salah satu bentuk kepedulian dengan mata kita adalah dengan mengenali tanda-tanda ketika penglihatan kita mulai terganggu. Tetapi bagaimana sih, kita mengetahui saatnya kita butuh kacamata?

  • Baca Teks Film

Duduklah kurang lebih tiga meter dari televisi. Jika kita tidak bisa membaca teks di televisi dengan jelas tanpa harus menyipitkan mata, berarti kita menderita rabun jauh. Rabun jauh berarti penglihatan kita mulai memudar waktu melihat benda dari jauh. Ini juga bisa membuat kepala kita menjadi sakit saat menyipitkan mata dan mengerenyitkan dahi.

  • Cek Penglihatan Malam

Cobalah melihat cahaya terang pada malam hari, dan hitung berapa lama mata kita bisa pulih dari cahaya terang itu. Jika kita tetap melihat seperti lingkaran putih di sekitar objek, berarti penglihatan kita sudah mulai tidak bagus.

Sudah Perlukah Saya Memakai Kacamata?

  • Mata Lelah dan Sakit Kepala

Jika kita selalu mengalami gejala ini khususnya setelah kita membaca buku atau mengetik di komputer, ada kemungkinan kita menderita rabut dekat. Soalnya ini bisa menyebabkan penglihatan kita buram, otot tegang, dan sakit kepala waktu melihat benda dari dekat.

  • Perhatikan Ciri Fisik

Ada beberapa ciri-ciri fisik mata yang bisa menandakan penglihatan kita sudah terganggu. Mulai dari mata yang berair, khususnya salah satu mata saja, sampai kalau mata kita sering sekali terasa lelah dan berat. Selain itu, terus mengedip supaya penglihatan kita bisa menjadi fokus, adalah salah satu tanda kita butuh kacamata.

  • Periksa Mata

Jika ternyata kita sering mengalami tanda-tanda seperti keempat ciri-ciri di atas. Lebih baik segera kita periksakan mata kita ke dokter mata. Dengan begitu, kita bisa mencegah kemungkinan harus berkacamata terlalu tebal.

Glasses