BLOG

Tiga Gejala Demam Berdarah Yang Wajib Kamu Waspadai

Tiga Gejala Demam Berdarah Yang Wajib Kamu Waspadai

Mata Portal – Akhir-akhir ini, Deman Berdarah Dengue (DBD) jadi penyakit yang banyak menyerang. Supaya kamu cepat bisa menanganinya saat terserang penyakit ini, kenali dulu gejalanya yuk.

  • Demam Tinggi Secara Tiba-tiba

Demam memang menjadi reaksi umum yang dikeluarkan tubuh jika kondisi badanmu dalam keadaan yang tidak seimbang. Namun, untuk gejala demam berdarah ini demam akan terjadi secara tiba-tiba. Cara mudah untuk mencurigainya adalah melalui derajat celcius. Pada demam berdarah, suhu tubuhmu bisa meningkat menjadi 40 derajat. Padahal, jika hanya demam biasa, suhu sangat jarang menyentuh angka tersebut. Terlebih lagi, demam dapat berlangsung selama berhari-hari, serta mengalami kenaikan dan penurunan suhu yang tidak menentu.

  • Nyeri Otot

Dikarenakan salah satu gejala ini, dulu demam berdarah disebut sebagai Break Bone. Break bone merupakan salah satu gejala dimana penderita akan merasakan nyeri pada tulang dan sendi-sendinya. Gejala nyeri otot juga disertai dengan tubuh yang mengigil dan berkeringat. Kamu juga merasa menjadi mudah lelah dan kehilangan nafsu makan. Sehingga, tubuhmu kekurangan imun dan semakin mudah terserang virus demam berdarah.

  • Ruam Merah

Jika kamu sudah ada di tahap ini, maka segera dapatkan penangan dari dokter. Di tahap ini DBD sudah sangat serius. Tidak hanya ruam, harus diwaspadai. Jika tubuhmu sudah mengeluarkan darah mimisan, atau gusi yang berdarah. Bisa saja ini sudah merambat ke organ yang lain, seperti rusaknya kelenjar getah bening dan pembuluh darah yang tidak berjalan dengan baik.

Jadi mulai sekarang, kamu harus waspada jika merasa gejala pada poin satu dan dua ya. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter, jangan sampai terlambat dan timbul gejala yang ketiga. Sebab, pada gejala yang ketiga, itu artinya demam berdarah yang kamu rasakan sudah pada tahap yang serius dan bisa menimbulkan kerusakan-kerusakan organ lainnya.

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan rumah agar tidak ada nyamuk pembawa virus demam berdarah berkembang biak.