BLOG

Tiga Jenis Flu Berat Yang Wajib Kamu Ketahui

Tiga Jenis Flu Berat Yang Wajib Kamu Ketahui

Mata Portal – Cuaca di luar mudah berubah. Terkadang cerah, beberapa menit kemudian turun hujan deras. Ini dia yang bisa membuat kekuatan tubuh kita menurun dan mudah terserang flu. Jangan kira flu hanya sebatas pile dan radang tenggorokan saja. Penyakit yang satu ini ada berbagai macam jenisnya. Coba cek info berikut ini dan jenis flu yang harus kamu ketahui.

  • Flu Burung

Flu Burung

Dinamakan Flu Burung karena awalnya virus ini hanya menyerang spesies unggas. Namun, karena mutasi yang terjadi Avian Influenza ini menyerang manusia. Terutama varian virus H5N1. Biasanya, penyakit ini menyerang orang yang daya tahan tubuhnya melemah. Penularannya lewat kontak langsung dengan unggas yang terinfeksi. Masa inkubasi virus tersebut adalah 1-7 hari setelah terinfeksi. Gejalanya, saluran pernafasan atas terinfeksi demam tinggi hingga 38 derajat celcius, lemas dan sakit tenggorokan mendadak.

  • Flu Perut

Flu Perut

Flu Perut ini merupakan jenis infeksi yang terjadi di sistem pencernaan, terutama di bagian usus dan lambung. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus Rotavirus atau Bakteri Campylobacter, Salmonella, serta Escherichia Coli. Ini ditularkan melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi. Biasanya, gejala dimulai dari sakit perut ringan,diare, dan munta terus-menerus selama beberapa hari. Umumnya, penyakit ini tidak berbahaya bila cepat dilakukan penangan. Dalam waktu sekitar seminggu, penyakit ini akan bisa disembuhkan.

  • Flu Tulang

Flu Tulang

Tidak semua flu menyerang bagian pernafasan. Virus ini juga bisa mengenai tulang kita. Penyakit yang satu ini merupakan infeksi yang disebabkan virus Parvovirus B19. Virus tersebut menyerang tulang dan persendian kita. Biasanya, disebut juga demam tulang atau chikungunya. Ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes albopictuc. Gejalanya, tubuh mengalami demam tinggi, kedinginan, sakit perut, mual, sakit kepala, nyeri otot dan mata kemerahan. Timbul bintik-bintik merah di badan dan tangan. Gejala ini berlangsung 2-4 minggu. Jika dibiarkan, bisa mengundang kelumpuhan.